KAPITA
SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM
PENDIDIKAN
ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU
Menuju
Pendidikan Berkualitas di Indonesia
![]() |
Dosen : Dr. Deden Makbuloh,M.Ag
Disusun Oleh:
Yoga Anjas Pratama (1311010298)
Jur/Smt/Kelas :PAI/VI/D
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan
![]() |
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1437/2016
RESENSI BUKU
A. IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu Menuju Pendidikan
Berkualitas di Indonesia
Penulis : Dr. Deden Makbuloh, M.Ag
Penerbit : PT Raja Grafindo Persada
Cetakan : Pertama, 1 Januari 2016
Halaman : 216 hlm
Tebal : 23 cm
B. PENULIS
Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. Lahir di Ciamis, 03 mei 1973. Gelar sarjana (S-1)
jurusan PAI di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, lulus cumlaude tahun 1998.
Gelar Magister (S-2) bidang pendidikan Islam di IAIN Sunan Gunung Djati
Bandung, lulus tahun 2001. Gelar Doktor (S-3) bidang pendidikan Islam di UIN
Syarif Hodayatullah Jakarta, lulus tahun 2010.
C. DESKRIPSI BUKU
Pada saat ini telah banyak berdiri lembaga-lembaga pendidikan dari berbagai
macam jenjang, dan bidang, pendirian lembaga-lembaga pendidikan ini disebabkan
karena pendidikan menjadi kebutuhan mendasar bagi umat manusia, tetapi dengan
semakin maraknya pendirian lembaga-lembaga pendidikan maka semakin besar
pulahlah intergritas persaingan antara lembaga-lembaga penyelenggara
pendidikan, persaingan ini dapat memicu pada timbulnya persaingan yang tidak
sehat dimana suatu lembaga pendidikan dapat mengelola tetapi tidak mau
menegakkan rambu-rambu kualitas secara menyeluruh, mengelola tetapi tidak
sesuai dengan tata tata kelola yang excellence, transparan, akuntabel, jujur,
adil, dan objektif, yang menyebabkan mutu dari pendidikan itu sendiri menjadi
rancu dikarenakan lembaga-lembaga pendidikan lebih mementingkan jumlah peserta
didik yang masuk / mendaftar dibandingkan dengan kualitas dari para lulusanya.
Buku ini berbicara mengenai teori-teori manajemen mutu pendidikan, sistem
pendidikan yang islami, dan sistem penjaminan mutu dalam pendidikan islami.
Mutu pendidikan bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti
kebutuhan masyarakat selaku stakeholders, begitu pula dengan Pendidikan Islam
sebagai suatu proses perwujudan mutu pendidikan yang sempurna.
Permasalahan berupa visi, misi, sasaran dan tujuan pendidikan tidak memiliki
target yang jelas sehingga berdampak pada rendahnya kualitas lulusan,
permasalahan tersebut disebabkan karena kuarangnya mutu dari pendidikan baik
itu dari tenaga pengajar, seperti: banyaknya tenaga pengajar yang mengajar
diluar keahlianya, sarana prasarana yang mendukung dll.
Dalam buku yang berjudulkan “Pendidikan Islam Dan Sistem Penjaminan Mutu
Penulis Berbicara Tentang Mutu Pendidikan”, hubunganya dengan pendidikan Islam,
dan bagaimana pendidikan dapat menghasilkan out put / atau lulusan terbaik yang
siap bersaing didunia luar. Mutu pendidikan yaitu adanya kesesuaian
antara pendidikan dengan standar yang telah ditetapkan sehingga akan
menghasilkan kepuasaan pada stakeholders layanan jasa pendidikan. Dalam
pendidikan Islam sistem pendidikannya berdasarkan nilai-nilai Islam dan konsep
pendidikanya pun berlandasrkan al-qur’an dan Hadits, adapun arah pengembangan
mutu pendidikan Islami terfokus pada mutu peserta didik sebagai layanan utama,
untuk menciptakan mutu peserta didik diperlukanya guru-guru profesional yang
mengutamakan mutu dalam setiap aktivitasnya.
Pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan harusya dapat tetap eksis
ditengah persaingan global untuk itu diperlukanya strategi peningkatan mutu dan
cara pengukuranya. Startegi tersebut pada dasarnya bertumpu dan berkembang
seiring perkembangan zaman dalam mencapai tujuan dari pendidikan yang telah
direncanakan. Pendidikan Islami dapat diwujudkan kualitasnya melalui sistem
penjaminan mutu yang dilaksanakan secara menyeluruh dan konsisten dengan dengan
menjadikan fokus jaminan mutu pada SDM guru, peserta didik dan kepemimpinan,
selanjutnya yaitu pada kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana prasarana,
dan selanjutnya pada komponen pembiyayaan dan penlilaian. Pendidikan Islam harus beroeintasi pada mutu
dan memiliki standar pendidikan Islami yang setara dengan dengan pendidikan
internasional dan mempunyai standar untuk bekal hidup ahirat, sehingga
pendidikan dapat menciptakan lulusan / seseorang yang sukses dunia dan ahirat.
Melalui penerapan sistem penjaminan mutu maka pendidikan di indonesia akan
membawa bangsa menuju bangsa yang bermartabat dan berbudaya, dan Pendidikan
Islam di masa yang akan datang perlu memiliki sistem yang kuat untuk menjamin
mutu yang dapat diperanggung jawabkan kepada masyarakat untuk itu diperlukanya
sistem keseimbangan penjaminan mutu baik itu internal maupun external, dan juga
dukungan masyarakat sekitar dalam mecapai kepuasaan mutu terhadap perkembangan
kebutuhan stakeholders.
D. KELEBIHAN BUKU
“Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu Menuju Pendidikan Berkualitas
di Indonesia”, buku ini sangat menarik untuk para membaca terlebihnya didalam
buku ini dijelaskan mengenai berbagai permasalahan pendidikan yang bersifat
global seperti permasalahan mutu dalam pendidikan. Buku ini menyajikan ulasan
yang menarik, menyajikan berbagai teori dari pakar-pakar terkemuka dan relevan
dengan permasalah yang saat ini terjadi pada dunia pendidikan. Selain itu
penulisan dan tata bahasa yang tersaji dalam buku ini cukup sederhana dan
menarik dan terfokus pada permasalahan pendidikan di Indonesia, sehingga para
pembaca akan mudah mengerti mengenai persoalaan yang terjadi dalam dunia
pendidikan khusunya pendidikan Islam saat ini.
E. KEKURANGAN BUKU
Selain beberapa kelebihan buku, seperti yang telah penulis kemukakan
diatas, maka didalam buku ini terdapat beberapa kekurangan diantaranya yaitu:
tidak adanya objeck contoh seperti suatu lembaga pendidikan yang mempunyai mutu
yang rendah dan bagaimana cara pendidikan itu sendiri dalam meningkatkan mutu
dari suatu lembaga tersebut, selain itu didalam buku ini terdapat Bab
Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang penelitian hingga metode
pembahasan hal-hal tersebut sebaiknya tidak ditampilkan dalam buku ini karena
dengan begitu buku ini menjadi seperti sebuah penelitian bukan seperti
buku-buku pada umumnya, dan buku ini membahas tentang mutu dan pendidikan agama
Islam sebaiknya didalam buku ini di isi / terdapat dengan ayat-ayat Al-Qur’an
yang berorientasi pada permasalahan, mutu, dan pendidikan Islam saat ini
0 Response to "RESENSI BUKU PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS DI INDONESIA_DEDEN MAKBULOH_YOGA ANJAS PRATAMA"
Posting Komentar