KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM
PENDIDIKAN ISLAM DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU
Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia


Dosen : Dr. Deden Makbuloh,M.Ag
Disusun Oleh:
Yoga Anjas Pratama (1311010298)
Jur/Smt/Kelas :PAI/VI/D
Fakultas  : Tarbiyah dan Keguruan


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
RADEN INTAN LAMPUNG
1437/2016



RESENSI BUKU


A. IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia
Penulis : Dr. Deden Makbuloh, M.Ag
Penerbit : PT Raja Grafindo Persada
Cetakan : Pertama, 1 Januari 2016
Halaman : 216 hlm
Tebal : 23 cm

B. PENULIS
Dr. Deden Makbuloh, M.Ag. Lahir di Ciamis, 03 mei 1973. Gelar sarjana (S-1) jurusan PAI di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, lulus cumlaude tahun 1998. Gelar Magister (S-2) bidang pendidikan Islam di IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, lulus tahun 2001. Gelar Doktor (S-3) bidang pendidikan Islam di UIN Syarif Hodayatullah Jakarta, lulus tahun 2010.

C. DESKRIPSI BUKU
Pada saat ini telah banyak berdiri lembaga-lembaga pendidikan dari berbagai macam jenjang, dan bidang, pendirian lembaga-lembaga pendidikan ini disebabkan karena pendidikan menjadi kebutuhan mendasar bagi umat manusia, tetapi dengan semakin maraknya pendirian  lembaga-lembaga pendidikan maka semakin besar pulahlah intergritas persaingan antara lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan, persaingan ini dapat memicu pada timbulnya persaingan yang tidak sehat dimana suatu lembaga pendidikan dapat mengelola tetapi tidak mau menegakkan rambu-rambu kualitas secara menyeluruh, mengelola tetapi tidak sesuai dengan tata tata kelola yang excellence, transparan, akuntabel, jujur, adil, dan objektif, yang menyebabkan mutu dari pendidikan itu sendiri menjadi rancu dikarenakan lembaga-lembaga pendidikan lebih mementingkan jumlah peserta didik yang masuk / mendaftar dibandingkan dengan kualitas dari para lulusanya.
Buku ini berbicara mengenai teori-teori manajemen mutu pendidikan, sistem pendidikan yang islami, dan sistem penjaminan mutu dalam pendidikan islami. Mutu pendidikan bersifat dinamis mengikuti perkembangan zaman dan mengikuti kebutuhan masyarakat selaku stakeholders, begitu pula dengan Pendidikan Islam sebagai suatu proses perwujudan mutu pendidikan yang sempurna.  Permasalahan berupa visi, misi, sasaran dan tujuan pendidikan tidak memiliki target yang jelas sehingga berdampak pada rendahnya kualitas lulusan, permasalahan tersebut disebabkan karena kuarangnya mutu dari pendidikan baik itu dari tenaga pengajar, seperti: banyaknya tenaga pengajar yang mengajar diluar keahlianya, sarana prasarana yang mendukung dll.
Dalam buku yang berjudulkan “Pendidikan Islam Dan Sistem Penjaminan Mutu Penulis Berbicara Tentang Mutu Pendidikan”, hubunganya dengan pendidikan Islam, dan bagaimana pendidikan dapat menghasilkan out put / atau lulusan terbaik yang siap bersaing didunia luar. Mutu pendidikan yaitu adanya  kesesuaian antara pendidikan dengan standar yang telah ditetapkan sehingga akan menghasilkan kepuasaan pada stakeholders layanan jasa pendidikan. Dalam pendidikan Islam sistem pendidikannya berdasarkan nilai-nilai Islam dan konsep pendidikanya pun berlandasrkan al-qur’an dan Hadits, adapun arah pengembangan mutu pendidikan Islami terfokus pada mutu peserta didik sebagai layanan utama, untuk menciptakan mutu peserta didik diperlukanya guru-guru profesional yang mengutamakan mutu dalam setiap aktivitasnya.
Pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan harusya dapat tetap eksis ditengah persaingan global untuk itu diperlukanya strategi peningkatan mutu dan cara pengukuranya. Startegi tersebut pada dasarnya bertumpu dan berkembang seiring perkembangan zaman dalam mencapai tujuan dari pendidikan yang telah direncanakan. Pendidikan Islami dapat diwujudkan kualitasnya melalui sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan secara menyeluruh dan konsisten dengan dengan menjadikan fokus jaminan mutu pada SDM guru, peserta didik dan kepemimpinan, selanjutnya yaitu pada kurikulum, proses pembelajaran, dan sarana prasarana, dan selanjutnya pada komponen pembiyayaan dan penlilaian.   Pendidikan Islam harus beroeintasi pada mutu dan memiliki standar pendidikan Islami yang setara dengan dengan pendidikan internasional dan mempunyai standar untuk bekal hidup ahirat, sehingga pendidikan dapat menciptakan lulusan / seseorang yang sukses dunia dan ahirat.
Melalui penerapan sistem penjaminan mutu maka pendidikan di indonesia akan membawa bangsa menuju bangsa yang bermartabat dan berbudaya, dan Pendidikan Islam di masa yang akan datang perlu memiliki sistem yang kuat untuk menjamin mutu yang dapat diperanggung jawabkan kepada masyarakat untuk itu diperlukanya sistem keseimbangan penjaminan mutu baik itu internal maupun external, dan juga dukungan masyarakat sekitar dalam mecapai kepuasaan mutu terhadap perkembangan kebutuhan stakeholders.
D. KELEBIHAN BUKU
“Pendidikan Islam dan Sistem Penjaminan Mutu Menuju Pendidikan Berkualitas di Indonesia”, buku ini sangat menarik untuk para membaca terlebihnya didalam buku ini dijelaskan mengenai berbagai permasalahan pendidikan yang bersifat global seperti permasalahan mutu dalam pendidikan. Buku ini menyajikan ulasan yang menarik, menyajikan berbagai teori dari pakar-pakar terkemuka dan relevan dengan permasalah yang saat ini terjadi pada dunia pendidikan. Selain itu penulisan dan tata bahasa yang tersaji dalam buku ini cukup sederhana dan menarik dan terfokus pada permasalahan pendidikan di Indonesia, sehingga para pembaca akan mudah mengerti mengenai persoalaan yang terjadi dalam dunia pendidikan khusunya pendidikan Islam saat ini.

E. KEKURANGAN BUKU
Selain beberapa kelebihan buku, seperti yang telah penulis kemukakan diatas, maka didalam buku ini terdapat beberapa kekurangan diantaranya yaitu: tidak adanya objeck contoh seperti suatu lembaga pendidikan yang mempunyai mutu yang rendah dan bagaimana cara pendidikan itu sendiri dalam meningkatkan mutu dari suatu lembaga tersebut, selain itu didalam buku ini terdapat Bab Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang penelitian hingga metode pembahasan hal-hal tersebut sebaiknya tidak ditampilkan dalam buku ini karena dengan begitu buku ini menjadi seperti sebuah penelitian bukan seperti buku-buku pada umumnya, dan buku ini membahas tentang mutu dan pendidikan agama Islam sebaiknya didalam buku ini di isi / terdapat dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang berorientasi pada permasalahan, mutu, dan pendidikan Islam saat ini